Minggu, 11 Juli 2010

menjadi dewasa

...
pada akhirnya , aku memang harus melakukan perjalanan ini . hanya untuk membiarkan aku seorang diri berkutat dengan lamunanku , bayangan bayangan aktivitasku , berkelebat begitu saja . ada banyak hal untuk dipertanyakan , diperhatikan , dirasakan , didengarkan , dipelajari , diamati , dimaknai :)
seperti minggu ini . aku berada diatas sebuah bus dalam perjalananku menuju salatiga . bayang bayang mereka bersliweran , begitu saja di pikiranku . seorang teman pernah bilang ,"sekarang kan udah dewasa , gak boleh nangis lagi :)" .
dewasa .
DEWASA .
dewasa itu seperti apa ? aksesoris kah ? atau apalah , entah . aku belum mengerti , bagaimana seharusnya menjadi dewasa ? atau paling tidak , dewasa itu seperti apa ? menjadi tua ? begitukah ?
ya , mungkin benar . dewasa itu ketika kita beranjak 17 tahun , dilihat dari sudut pandang biologis , memang iya . tapi sesempit itu kah ? apakah mereka yang umurnya diatas kita , anak muda , dari segi pemikiran selalu lebih dewasa ? apa hanya karena pengalamanya , mereka bisa dikatakan dewasa ketika mereka seolah olah menggurui kita ? seolah olah mereka lah yang paling tahu , karena telah makan asam garam kehidupan , lantas mereka merasa dewasa dengan menilai nilai kita seenaknya , menggurui , memaksa , mencekoki kita dengan pikiran pikiran mereka ? ahh , omong kosong . bangga udah makan asam garam ? belum pernah makan asam sulfat pekat kan , masih bangga ?
atau , ahh . mungkin saja mereka benar . aku tidak tahu .

menjadi dewasa itu seperti apa ?
atau jangan jangan , aku sendiri tidak tahu arti dan makna kata dewasa . entahlah . bukankah tidak semua hal harus didefinisikan . ketika kita sibuk dengan berbagai macam definisi , acap kali kita terlupa , bagaimana wujud nyata dari dewasa itu sendiri .
seperti baik hati , cantik , waktu dan cinta . tidak pernah didefinisikan secara pasti . apa memang karena tidak ada kepastian di dunia ini ?

ahh . entahlah . pada akhirnya , sekali lagi , aku belum bisa menjawab pertanyaanku sendiri .
bagaimana seharusnya menjadi dewasa ?

bantu aku mencari jawabnya :)

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates