Sabtu, 23 Oktober 2010

pentingnya bahasa indonesia bagi mahasiswa (tugas semester 3 mata kuliah umum ahasa indonesia)

Zara Bunga Namira
4301409035
Pend. Kimia / rombel

MENUMBUHKAN SIKAP BAHASA YANG POSITIF TERHADAP BAHASA INDONESIA BAGI MAHASISWA
Diposkan oleh fenyrk di 22.03
Di dalam ruang lingkup kemahasiswaan dibutuhkan komunikasi yang baik dalam berinteraksi antar sesama dan dalam komunikasi tersebut digunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Mahasiswa/mahasiswi dapat belajar sikap bertutur kata dalam bahasa yang baik dalam kegiatan belajar dan mengajar. Kenyataan ini membuat adanya peningkatan dalam penyebarluasan pemakaian bahasa Indonesia dalam fungsinya sebagai alat komunikasi antar sesama

Didukunng dengan mata kuliah bahasa Indonesia di lingkungan perkuliahan membuat mahasiswa/mahasiswi semakin meningkatkan kualitas berbahasa Indonesia. Mahasiswa/mahasiswi diajarkan untuk lebih mengerti dalam penulisan, penyusunan dan pengucapan dalam berbahasa yang baik dan benar. Pentingnya mempelajari bahasa Indonesia dalam hubungannya dengan ilmu pengetahuan karena, mahasiswa/mahasiswi sebagai calon sarjana dipersipakan tidak hanya untuk menjadi konsumen ilmu pengetahuan melainkan juga sebagai produsen dalam bidang ilmiah.

Tujuan mata kuliah bahasa Indonesia yang diberikan kepada mahasiswa/mahasiswi memiliki tujuan :
1. Menumbuhkan kesetiaan terhadap bahasa Indonesia yang nantinya diharapkan dapat mendorong mahasiswa memelihara bahasa Indonesia.
2. Menumbuhkan kebanggaan terhadap bahasa Indonesia yang nantinya diharapkan mampu mendorong mahasiswa mengutamakan bahasanya dan menggunakannya sebagai lambang identitas bangsa.
3. Menumbuhkan dan memelihara kesadaran akan adanya norma bahasa Indonesia yang nantinya diharapkan agar mahasiswa terdorong untuk menggunakan bahasa Indonesia sesuai dengan kaidah dan aturan yang berlaku.
Pada dasarnya mahasiswa telah memahami penggunaan kaidah tata bahasa Indonesia yang baik dan benar. Karena bagaimanapun bahasa memiliki peran penting dalam proses pembangunan karakter setiap mahasiswa.

Sumber
http://fenyrk.blogspot.com/2010/02/menumbuhkan-sikap-bahasa-yang-positif.html
Senin, 19 septembber 2010
11:39 WIB
Saya setuju dengan saudara Feny Ratna Kusuma mengenai pendapat beliau berkaitan dengan pentingnya bahasa Indonesia di tingkat perguruan tinggi. Manfaat pembelajaraan bahasa indonesia bagi mahasiswa ada banyak,seperti yang telah diungkapkan saudara Feny. Selain itu,menurut saya pembelajaran bahasa indonesia sangat bermanfaat bagi mahasiswa terutama dalam pengerjaan karya ilmiah. Saya sebagai mahasiswa dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) tentunya saya nantinya akan merasakan betul manafaat ini. Mahasiswa dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) tidak akan bisa dihindarkan dari pembuatan karya ilmiah. Selain itu, saya berasal dari program studi pendidikan yang nantinya akan dididik menjadi seorang pendidik. Seorang pendidik yang baik tentunya harus memiliki kemampuan berbicara dan berbahasa yang baik pula untuk mendukung proses pembelajaran peserta didik serta menjaga wibawa dari pendidik itu sendiri.

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates